Kamis, 19 Juni 2008

Menyelamatkan Keanggotaan Google Adsense dari Orang-orang yang Ingin Menyabotase

Beberapa bulan yang lalu, keanggotaan Google Adsense saya disabotase oleh orang-orang yang tidak menyukai keanggotaan Google Adsense saya. Dia melakukan invalid click, klik berulang-ulang terhadap beberapa iklan yang diiklankan para pengiklan Google Adwords (advertiser) dan secara terus menerus, berturut -turut setiap hari, sampai iklan-iklan adsense saya tidak saya publikasikan di website-website saya dan blog-blog saya. Hal ini terus menerus terjadi selama 4 hari.

Saya tidak mengetahui dengan pasti siapa dalang dan pelaku sabotase tersebut, entah salah seorang yang benar-benar tidak suka dengan penghasilan Google Adsense yang tengah saya peroleh ketika itu, entah para advertiser pesaing saya yang tidak bersaing dengan sehat, entah pesaing yang memiliki website yang memiliki kesamaan bidang/niche dengan saya, yang jelas dia seorang yang tidak menghendaki keberadaan keanggotan Google Adsense Publisher saya ketika itu.

Hal ini terjadi setelah saya memperlihatkan perolehan Google Adsense saya ketika itu.
Penghasilan Google Adsense Gold_Hunter
klik untuk ukuran sebenarnya

Pentingnya Sebuah Kontrol
Untungnya kejadian tersebut menimpa saya, ketika saya sering memasuki keanggotaan Google Adsense saya untuk mengetahui, menganalisa dan memantau keadaan Google Adsense saya. Ketika itu saya benar-benar terkejut, melihat perbandingan banyaknya klik terhadap banyaknya satuan iklan(Ads Unit) muncul (CTR = Click Throught Ratio) yang menunjukkan angka 750% (sebuah persentase CTR yang mustahil diperoleh dengan cara wajar)
Seseorang mensabotase Google Adsense saya
klik untuk ukuran sebenarnya
Apa yang Harus Dilakukan ?
Ketika hal tersebut terjadi, saya sempat bertanya kepada diri saya sendiri, kepada beberapa teman-teman saya (Ghosthost, Redcumi, Rento, Cosa), kepada teman-teman di Forum Bisnis Kaskus dan Digital Point, dan Adsense Help dengan sebuah pertanyaan yang sama : Apa yang harus saya lakukan, ketika keanggotaan Google Adsense saya disabotase orang ?

Melaporkan kejadian ini kepada Google Adsense Support adalah jawaban yang saya dan teman-teman saya berikan ketika itu. Maka saya pun melakukan hal tersebut melalui kontak formnya Google Adsense Support yang telah tersedia, pada kategori : Invalid Clicks or Unusual Account Activity.

Sabotase Tetap Sabotase
Tidak cukup 1 hari rupanya dia melakukan sabotase terhadap keanggotaan saya, 4 hari berturut-turut sabotase terus berlanjut. CTR mulai dari 750% sampai puncaknya 2200% (Ruarrr biasa). Meskipun saya telah melaporkan sebanyak 2 kali/2 hari berturut-turut kejadian ini kepada pihak Google Adsense, ketika itu saya tetap mengkhawatirkan keselamatan keanggotaan Google Adsense saya. Akhirnya saya memutuskan untuk mencabut seluruh script Google Adsense dari seluruh website dan blog saya. Innalillahi Wa Inna Ilaihi Raji’uun , dan memblok beberapa nomor IP yang saya curigai (berdasarkan log yang tercatat di awstat + adlogger). Hal ini saya lakukan sampai akhir bulan pada bulan sabotase terjadi.

Alhamdulillah, Keanggotaan Google Adsense saya selamat dan mudah-mudahan hal-hal seperti ini tidak terulang kembali bagi kita, dan tidak akan menimpa Anda yang tidak pernah mengalaminya.

Saya Kurang Mengerti
Tentunya kita semua mengetahui kecanggihan dan kehandalan Google Adsense. Terbukti dari kasus sabotase ini pun sistem Google Adsense telah mendeteksi bahwa klik-klik yang terjadi pada iklan tersebut adalah tidak sah, invalid click, sabotase sehingga sistem tidak menambahkan pendapatan, membayar keanggotaan Google Adsense saya untuk setiap iklan-iklan yang di klik secara tidak sah tersebut, lalu kenapa sistem tidak dirancang agar tidak memperlihatkan iklan setelah klik-klik tidak sah tersebut terdeteksi sistem ?

Kesimpulan
Apa yang harus dilakukan jika keanggotaan Google Adsense kita disabotase ?

1. Laporkan kepada Google Adsense, melalui kontak form Google Adsense Support (sertakan bukti-bukti yang dimiliki, termasuk log dari awstat dan log-log lainnya)
2. Cabut kode-kode/script Google Adsense dari seluruh website dan blog, sampai keadaan (kira-kira) aman.
3. Blok IP yang mencurigakan/berpotensi melakukan sabotase
4. Berdoa

Usahakan untuk mengontrol keanggotaan Google Adsense Anda setiap hari.

Tidak ada komentar: