Kamis, 19 Juni 2008

Mengenal Si Ekor Panjang

Mengenal Si Ekor Panjang


The Long Tail Images


Saya harap pada saat Anda membaca artikel ini, Anda sudah sedikit mengerti dan paham tentang apa yg dimaksud dengan teori The Long Tail atau Si Ekor Panjang. Tanpa latar belakang ekonomi dan ilmu marketing, saya hanya merasa kurang berkapasitas untuk menjelaskan arti konsep tersebut. Takutnya malah jadi salah kaprah, hehehe. Beberapa referensi terkait yg layak dikunjungi antara lain entri di Wikipedia, artikel pertama mengenai The Long Tail yg dimuat di Wired, serta The Long Tail’s blog milik Chris Anderson, penggagas teori tersebut.


Secara garis besar, The Long Tail adalah model ekonomi yg menggambarkan bahwa total keseluruhan minat pelanggan terhadap produk2 non-populer bisa melebihi produk2 yg populer. Dalam bukunya yg berjudul sama, Chris Anderson merujuk pada NetFlix sebagai salah satu studi kasusnya. Perusahaan rental DVD terkemuka ini memperhitungkan bahwa 95% dari keseluruhan 25.000 judul DVD koleksinya (pada saat itu) disewa setidaknya satu kali dalam satu kuartal. Bahkan Amazon, online store paling terkenal di jagad maya, menurut sebuah penelitian akademik independen, mampu menjual 98% dari 100.000 buku koleksinya (pada saat itu) setidaknya satu kali dalam satu kuartal.


Meskipun tiap produk hanya diminati oleh satu atau dua orang saja, namun karena jumlah produk non-populer relatif lebih banyak dibandingkan produk2 populer, maka secara akumulatif jumlah penjualannya mampu untuk bersaing. Bahkan lebih.


Inilah yg disebut dengan The Long Tail.


Nah, dalam dunia per-SEO-an juga dikenal adanya makhluk berekor panjang ini. Jelas yg dimaksud bukan sales atau produk karena yg dibicarakan adalah mesin pencari. Melainkan keyword atau kata kunci.


Jika Anda rajin mengamati log pengunjung Anda, tentu tidak jarang Anda menemukan pengunjung yg datang melalui keyword2 yg tidak Anda duga. Bila diasumsikan kata kunci yg Anda kejar semua sudah ter-optimasi dengan baik dan sukses nangkring di halaman pertama dari mesin pencari,maka kata kunci-kata kunci yg dimaksudkan dalam hubungannya dng si ekor panjang adalah yg belum teroptimasi dengan baik namun tanpa sengaja hampir masuk ke halaman pertama mesin pencari.


Inilah yg disebut The Long Tail Keyword (LTK).


Nah, lalu bagaimana caranya kita mengetahui LTK ini? Apa harus setia setiap saat mengawasi statistik penunjung? Apa pula untungnya bagi kelangsungan situs kita? Dan yg paling penting, bagaimana cara memanfaatkannya?


Temukan jawabannya besok! Hehehe, seperti kata rekan Wargimin, “iklan banget” :D


Tapi kali ini cukup beralasan kok karena akan lebih mudah bila penjelasannya besok secara langsung dipraktekkan. Jadi di penghujung pertemuan kali ini, silahkan luangkan waktu sebentar untuk mampir ke situs HitTail dan daftarkan situs Anda di situ. Gratis.


Setelah mendaftar, Anda akan mendapatkan potongan kode yg harus Anda sertakan ke dalam halaman situs Anda. Kode ini nantinya berfungsi untuk mencatat segala bentuk penampakan si ekor panjang yg muncul. Mudah bukan? Diharapkan besok, saat bagian penutup dari mini-seri artikel tentang LTK ini ditulis, Anda sudah bisa langsung mengamati dan mempraktekkan langkah2 yg tertulis dng berbekal log HitTail dari situs Anda.


Selamat berkenalan dengan si ekor panjang :)


PS:

(1) Gambar diambil dari http://www.identigene.com/SWIMX/images/Mouse_Final.jpg



Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 24 April 2007. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.

Tidak ada komentar: