Kamis, 19 Juni 2008

Kilas Balik Kasus SEO Pisang Goreng Anget

Kilas Balik Kasus SEO Pisang Goreng Anget


Gambar Pisang Yg Udah Digoreng Jadi Masih Anget Images


Masih ingat tentang topik “Pisang Goreng Anget” sekitar 7 bulan lalu yg sempat menjadi ajang tidak resmi adu jago para jawara SEO? Beberapa hari terakhir ini saya iseng mengamati SERP query2 yg berhubungan dengan pokok bahasan tersebut di Google (dot com) dan tertarik untuk mengangkat kembali si pisang ini. Alasannya sederhana, yg berada di puncak justru halaman blog milik saya yg sebenarnya, tidak dibuat untuk menggapai posisi tinggi di mesin pencari. Bagaimana bisa?


Ada 2 hal yg menyebabkan saya heran.


Yg pertama, selain dari blog pribadi saya sendiri, saya tidak berusaha mengumpulkan backlink sama sekali. Memang ada beberapa teman yg mengirimkan tautan ke halaman tersebut, tapi rasanya, dibandingkan halaman atau situs milik rekan2 lain yg juga ikut perang pisang, jumlahnya cukup sedikit.


Yg kedua, jumlah frase “pisang goreng anget” yg saya sertakan di halaman tersebut cukup banyak. Pada awalnya saya justru mengira halaman ini akan terkubur di search engine karena dianggap spamming keyword. Nyatanya tidak.


Tambahan, meski tidak begitu essential, meta tag description dan keywords yg ada juga tidak berhubungan sama sekali dng buah berwarna kuning.


Dari sini mungkin bisa diambil beberapa kesimpulan.



  1. Content is the king. Ya, ini klasik. Tapi dibandingkan halaman tentang “orang paling keren“, isi halaman tentang pisang tersebut jauh lebih banyak dan menggunakan berbagai macam variasi penggunaan kata kunci. Ingat, variasi juga penting (itu sebabnya ada Kamasutra :D), terutama apabila kata kunci yg kita buru berupa frase atau terdiri lebih dari 1 kata. Tidak perlu selalu kita sebutkan secara keseluruhan, cukup 1 atau 2 kata saja. Misal, “beli pisang”, “makan pisang anget”, dsb.

  2. Quality, not quantity. Meskipun hanya memiliki sedikit backlink, tapi hampir semuanya berasal dari situs atau halaman yg memuat topik yg sama. Seperti sedikit saya singgung di postingan lalu, tautan dari halaman atau situs yg memilik topik sama memiliki kualitas yg lebih baik daripada yg berasal dari topik berbeda.


Silahkan dikoreksi jika ada yg salah.


Terakhir, di bawah adalah query2 yg menempatkan dagangan gedang saya di posisi utama.



Yg ini gak ada hubungannya ama pisang, tapi worth a look.



Semoga bermanfaat.


PS:

(1) Hasil pencarian bisa saja tidak sesuai dengan apa yg saya tulis dikarenakan algoritma penentuan ranking Google yg selalu berubah-ubah. Posting di atas ditulis berdasarkan data mesin pencari pada tanggal 26 Desember 2006.

(2) Gambar diambil dari http://www.travelplaces.co.uk/mr-a1-destination-indonesia2.htm



Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 26 December 2006. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.

Tidak ada komentar: