Kamis, 19 Juni 2008

Menangkap Si Ekor Panjang

Menangkap Si Ekor Panjang


The Long Tail Images


Akhirnya, bagian kedua dari tulisan berseri tentang si ekor panjang selesai juga dibuat. Kali ini akan dibahas bagaimana cara menangkap Long Tail Keyword (LTK) atau kata kunci buntut panjang, dan memanfaatkannya untuk lebih meningkatkan eksistensi situs kita di mesin pencari. Bagi yg belum memahami pengertian LTK, silahkan berkenalan terlebih dahulu dengannya. Tidak menggigit kok.



Pada akhir tulisan bagian pertama lalu, saya meminta Anda untuk mendaftarkan diri ke layanan HitTail dan memasangkan kode tracking yg diberikan ke dalam situs Anda. Jika Anda bandel/malas/enggan (pilih salah satu) dan belum melakukannya, saya sarankan agar Anda terlebih dahulu melaksanakannya, karena seluruh pembahasan di sini memanfaatkan hasil tracking yg disimpan oleh HitTail.

Senjata Penangkap Si Ekor Panjang


Sebelum mulai menangkap si ekor panjang, mari kita berkenalan dengan fitur2 yg ada pada HitTail terlebih dahulu.


Image Hosted by ImageCows Images



  1. My Hit Tail

    Halaman ini menunjukkan grafis dari Long Tail Keyword yg terekam dari aktivitas pengunjung yg datang melalui search engine. Kita dapat melihat grafis yg berbeda untuk masing2 situs pencari (Google, Yahoo, MSN, other). Selain itu, pada halaman ini kita dapat juga mengetahui berapa persen dari pengunjung situs kita yg berasal dari kata kunci Long Tail.


    Pada salah satu situs saya misalnya, kata kunci yg berada di posisi VIP halaman hasil pencarian hanya memberikan kontribusi sebesar 6.4% dari keseluruhan pengunjung yg datang. Sisanya berasal dari LTK. Menabjudkan (bener gini yah tulisannya?) bukan?


    Image Hosted by ImageCows Images


  2. Search Hits

    Halaman ini berisikan seluruh query yg me-refer pengunjung untuk bertandang ke situs Anda. Anda dapat mendownload daftar ini dalam bentuk dokumen Excel jika diinginkan.


    Image Hosted by ImageCows Images


  3. Keywords

    Halaman ini berisikan seluruh kata kunci yg digunakan oleh pengunjung di mesin pencari untuk sampai ke situs Anda. Pada dasarnya, isi dari halaman ini hampir sama dengan halaman Search Hits. Perbedaannya, halaman ini hanya mencantumkan kata kuncinya saja, sedangkan halaman Search Hits menampilkan keseluruhan query.


    Image Hosted by ImageCows Images


    Seperti pada halaman Search Hits, Anda dapat mengunduh daftar keyword yg ada di sini dalam bentuk dokumen Excel.



  4. Suggestions

    Halaman ini adalah senjata utama dari tool penangkap kata kunci berekor panjang, HitTail. Secara otomatis, HitTail akan memfilter daftar keyword yg ada pada halaman sebelumnya dan memberikan daftar baru yg berisikan kata kunci yg mereka sarankan untuk dioptimasi. Filter dilakukan berdasarkan pada posisi situs kita di mesin pencari untuk kata kunci yg bersangkutan. Dari pengamatan sementara, kata kunci yg disarankan rata2 berada pada halaman 2 sampai 5 dari keseluruhan halaman hasil pencarian di mesin pencari.


    Image Hosted by ImageCows Images


    Sekali lagi, Anda diperbolehkan untuk mendownload daftar yg ada di halaman Suggestions ke dalam komputer Anda dalam format dokumen Excel.



  5. To Do

    Halaman ini lebih berfungsi sebagai pencatat atau pengingat bagi Anda. Pada halaman Suggestions, Anda dapat mengklik pada kata kunci yg bersangkutan untuk memindahkannya ke dalam halaman To Do. Dengan demikian, kita dapat mengetahui keyword2 mana saja yg telah kita optimasi.


    Image Hosted by ImageCows Images



Tehnik Menangkap Si Ekor Panjang


Pada saat ini saya yakin seharusnya Anda sudah mendapatkan gambaran bagaimana cara menangkap kata kunci-kata kunci berbuntut panjang tersebut. Yah, pada intinya, inilah langkah2 yg harus Anda lakukan:



  1. Login ke dalam Member Area HitTail.

  2. Berpindah ke halaman Suggestions

  3. Tangkap dan manfaatkan keyword2 yg terdaftar di halaman ini. Jika sudah, klik untuk memindahkan ke dalam halaman To Do.

  4. Berpindah ke halaman To Do dan cek apakah ada kata kunci yg terlewat.


Lakukan ke-empat langkah di atas setidaknya 3 hari sekali, dan dijamin akan banyak membantu menaikkan pengunjung situs Anda :)


Memanfaatkan Si Ekor Panjang


Nah, jika sudah ditangkap lalu apa?


Ada dua pilihan cara yg dapat Anda tempuh.


Yg pertama, Anda dapat memodifikasi halaman situs Anda, yg dituju oleh kata kunci ekor panjang, supaya lebih ter-optimasi untuk kata kunci tersebut. Biasanya, cukup dengan menambahkan kata kunci tersebut 1-2 kali ke dalam halaman situs Anda sudah dapat memberikan peningkatan yg berarti pada SERP halaman tersebut.


Yg kedua, jika kata kunci yg tertangkap berpotensi tinggi, buat saja halaman baru pada situs Anda yg khusus didedikasikan untuk keyword tersebut. Ingat, tanpa melakukan optimasi saja salah satu halaman situs Anda sudah berhasil mendatangkan pengunjung, apalagi jika Anda membuat halaman yg teroptimasi untuk kata kunci tersebut.


Saya sendiri lebih suka menggunakan cara yg pertama. Selain lebih mudah, juga relatif tidak memakan waktu dibandingkan cara yg kedua. Memang hasilnya tidak seefektif metode kedua, namun tetap saja terbukti berhasil lebih meningkatkan posisi halaman yg di modifikasi pada SERP untuk kata kunci yg bersangkutan.

Akhir Kata


Apa ada tool yg lain?


Yg lebih mahal dari Hit HitTail sih banyak. Tapi bagi yg dananya masih pas2an atau belum memiliki credit card, menggunakan HitTail tentu lebih nyaman karena Anda tidak diharuskan untuk membayar sepeser pun. Tapi suatu saat, mungkin akan saya tuliskan senjata2 penangkap LTK yg lain, yg berbayar.


Selamat berburu dan berbudi daya si ekor panjang:)



Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 28 April 2007. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.

Tidak ada komentar: