Selasa, 01 Juli 2008

Jika Anda Menghasilkan $500 Per Bulan Dari Internet, Apakah Anda Akan Meninggalkan Pekerjaan Anda?

Jika Anda Menghasilkan $500 Per Bulan Dari Internet, Apakah Anda Akan Meninggalkan Pekerjaan Anda?


Office Job Images


Kancah blog Indonesia minggu ini geger dengan berita mundurnya Budi Putra, seorang jurnalis senior, dari majalah Tempo, tempat ia sebelumnya bernaung. Memang, jika sekedar mundur, tidak bakal bikin heboh. Tapi masalahnya, keputusan beliau ini dikarenakan keinginannya untuk serius di dunia blog. Alias menjadi seorang full-time (pro?) blogger, seperti yg diucapkan olehnya di blog TheGadget miliknya.


Tulisan kali ini tidak akan membahas lebih jauh tentang berita di atas. Tapi lebih kepada keputusan untuk meninggalkan sebuah pekerjaan mapan demi menekuni bisnis di dunia maya. Walaupun begitu, ijinkan saya terlebih dahulu untuk sedikit mengungkapkan uneg2 mengenai label “first Indonesian problogger” yg diberikan kepada Budi Putra oleh beberapa rekan blogger (baca: ini, ini, ini, dan ini). Mengapa? Karena tidak sedikit pemain bisnis internet, setidaknya para publisher AdSense, di Indonesia, adalah seorang full-time / problogger (jika ditilik dari sudut pandang materi dari diskusi di posting sebelumnya). Contohnya gampang. Sebagian dari rekan2 AdSenser sukses yg pernah aku wawancarai adalah problogger.


Argumen di atas hanya sekedar untuk “meluruskan” sejarah bisnis internet Indonesia :) Setidaknya agar diketahui bahwa “make money from blog” sudah bukan hal yg aneh lagi di negeri kita.

Kembali ke topik. Dan judul artikel yg panjang tapi jelas banget.


Mungkinkah Anda memilih untuk meninggalkan pekerjaan Anda saat ini untuk lebih serius di bisnis internet (termasuk menjadi full-time professional blogger) ? Jika ya, kapan waktu yg tepat bagi Anda? Karena saya yakin keputusan ini seringkali dilandasi oleh masalah materi, pertanyaannya akan saya perjelas menjadi “Berapa penghasilan per bulan yg Anda harapkan sebelum memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan Anda saat ini dan berkonsentrasi penuh di dunia internet?


Bagi saya sendiri, nilai nominal yg mencukupi adalah jika di-kurs-kan ke rupiah dan sudah dipotong berbagai pengeluaran (mis: untuk biaya internet) sekitar 10 juta. Dengan asumsi $1 = Rp 10.000,-, maka nilainya adalah $1000. Nah, kenapa 10 juta? Karena duit segitu udah pas untuk hidup sehari2, kredit beberapa cicilan, dan menabung, hehehe.


Bagaimana dengan Anda?


Jangan lupa untuk berpartisipasi di polling jika memang belum :)


Tunggu hasil wawancara dengan mas Budi Putra seputar bisnis internet dan keputusannya menjadi full-time pro blogger. Coming soon! :)

PS:

(1) Gambar diambil dari http://www.german-business-etiquette.com/img/19-job-interview.jpg



Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 7 March 2007. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah isi. Dan apabila Anda tertarik untuk memiliki theme-theme Wordpress yang menawan, silahkan cek produk terbaru saya, Art of Stealing Wordpress Themes, rilis 1 Juli 2008 mendatang!

Tidak ada komentar: